Mengenal Dinding Roster

Mengenal Dinding Roster

Dinding roster biasanya terdapat pada rumah jaman dulu diletakkan di atas pintu atau jendela. Bentuknyapun macam-macam ada kotak, segi enam, bulat, dll. Fungsi utamanya sebagai lubang dinding untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang lebih maksimal. Namun seiring berjalannya waktu, kini fungsi roster makin berkembang, selain sebagai lubang angin kini digunakan untuk mempercantik rumah.

Roster terbuat dari berbagai macam bahan seperti beton, semen, keramik, batako, dan tanah liat. Konstruksi roster biasanya tidak menggunakan tiang ataupun balok. Dinding roster hanya bertumpu pada sloof yang mengikat pondasi dalam tanah. Beberapa kelebihan dari dinding roster adalah, membuat udara di dalam ruangan menjadi sejuk, cahaya matahari dapat masuk dengan baik, banyak motif yang menarik, dinding mempunyai fungsi lain yaitu sebagai ventilasi udara, dan roster dapat diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan dari rumah hingga perkantoran.

Rasanya tidak afdol kalau sudah membahas kelebihan tapi tidak dijabarkan kekurangannya. Kekurangan dinding roster sendiri adalah kurang terjaganya privasi penghuni, membuat silau, kurang dapat menahan beban, tidak memiliki sistim penguncian dan harus hati-hati dalam pemasangannya, dan dapat membawa debu dari luar.

Cara pemasangan roster sendiri berbeda-beda bergantung pada tema rumah. Beda desain maka berbeda pula cara pemasangannya. Apakah Anda tertarik menggunakan dinding roster? Tulis jawaban kamu di kolom komentar 
 
Source : Arsitag

Add a Comment

Your email address will not be published.